Ponorogo – Pemkab Ponorogo memberlakukan pengetatan aktivitas warga pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini. Pemkab memutuskan semua tempat wisata ditutup, mulai Kamis, (31/12/2020) hingga Minggu, (3/1/2021).

Industri jasa wisata (rumah makan, resto, karaoke, dll) diperbolehkan beroperasi sampai dengan pukul 21.00 WIB. Pemkab juga melarang kegiatan perayaan malam tahun baru dengan cara berkerumun ataau pengumpulan massa.

Kebijakan ini diambil Bupati berdasarkan hasil rapat dan koordinasi bersama gugus tugas penanganan dan penangulangan Covid-19 Kabupaten Ponorogo. Bupati menerbitkan Surat Edaran tentang protokol kesehatan pada kegiatan bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan pengetatan dilakukan karena perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Ponorogo yang terus mengalami kenaikan signifikan.

“Harus cepat dalam menentukan langkah untuk mencegah penularan Covid-19,” katanya, Rabu (30/12/2020).

Sedangkan untuk wisata yang ada di desa nantinya tim satgas kecamatan akan rapat untuk membuat keputusan. Pengelola harus membuat surat pertanggungjawaban dengan mengendalikan pengunjung hanya 30 persen sistem buka tutup.

Bupati menegaskan, langkah ini diambil untuk keselamatan semua. (far/mk)